Rabu, 08 April 2020

Dalgona, kopi yang mendunia


Dalgona Coffee



dalgona coffe  viral. Instagram saya penuh dengan gambar dalgona dengan berbagai rupa. Semua menyejukan mata. Terus apa bedanya dalgona coffee dengan kopi susu? sama kataku. Ngga ada bedanya. Sama dengan kopi susu di angkringan yang biasa saya tongkrongin bersama mas bojo. Bedanya? dalgona viral, kopi susu angkringan langganan saya biasa-biasa saja. 

dfoto mempunyai hak cipta
dilarang mengambil tanpa ijin pemilik ismahsuryanto

Apa sih Dalgona Coffee?
menurut Wikipedia, kopi dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instangula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Campuran itu kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.

menurut Wikipedia lagiminuman ini menjadi viral di media sosial ketika Jung Il-woo, seorang aktor Korea Selatan mengunjungi sebuah restoran di Makau dan di sana ia disajikan sebuah minuman yang mengingatkannya pada "permen dalgona", salah satu jenis permen di Korea. 

Itu sejarah kopi dalgona. dan sekarang ini, saat banyak orang harus BDR atau bekerja dari rumah makin kreatif dalam membuat minuman yang satu ini. Berbagai topping dengan aneka coklat atau kue kering semakin menjadikan minuman yang satu ini naik daun.
Terus bagaimana dengan kopi susu yang dijual di angkringan atau di ramindo atau warung makan indomie yang biasa di tongkrongin anak muda? masih rame juga tuh. bahkan salah satu angkringan langganan saya yang ada di jalan parangtritis, tepatnya deket praktek dokter mata Dr. Haryo Sarodja.Sp.M selalu rame sampai jam 3 an. dan disitu kopi susunya uenaaak tenan.

Resep Dalgona Kopiku :
- 2 sachet kopi instan, aku pakai nescafe classic
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdm air panas
- susu segar UHT
- es batu

Cara bikinya :
dalam bowl saya campur kopi, gula dan air panas, kemudian saya mixer( saya gunakan satu kaki saja), tidak saya hitung berapa menit lamanya saya mencampur, asal sudah membentuk krem, kemudian bowl dibalik tidak tumpah, itu sudah jadi menurut saya. dan krem yang "berhasil" rasanya kreami dan bisa bertahan lama. seperti foto diatas, kopi dalgona itu sudah 1 jam lebih di kulkas, dan masih kental.
ada yang tanya di IG saya, mbaak kok kopinya ngga tenggelam? lah gimana mau tenggelam wong dia pandai berenang....(laughing). ya itu tadi karena krem kopinya berhasil jadi bisa tahan lama.

oh ya, untuk yang mau sharing menyoal kopi dalgona kopi boleh lo, silahkan tinggalkan komen anda dibawah. 
Salam hangat, salam dalgona........

#dalgonacoffe
#kopidalgona




Tidak ada komentar:

Posting Komentar